Gebyar Festival Arabiy, Ajang Menggemakan Bahasa Arab Pelajar dan Mahasiswa

pba.umsida.ac.id—Semarak Festival Arabiy (Festa) 2021, acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dengan tujuan untuk meningkatkan semangat sportivitas, integritas, dan progresivitas para pemuda dalam mengembangkan potensi bahasa arab. Festa  ini dimeriahkan dengan gebyar virtual perlombaan yang diperuntukkan dalam skala nasional, baik Universitas Negeri atau pun Swasta. Tak terhenti disini, acara dengan tema “Menumbuhkan semangat dalam berbahasa arab untuk menciptakan generasi yang berkarya,” juga membuka virtual perlombaan bagi siswa/siswi SMA/MA/SMK yang dibuka pula dalam skala nasional.

Festival arabiy ini dilaksanakan secara virtual (online), sejak tanggal 17 Juni 2021 sebagai tahap pendaftaran, dilanjutkan tanggal 27 Juni – 7 Juli 2021 sebagai tahap pengumpulan sekaligus seleksi, dan puncaknya pada Ahad, 4 Juli 2021 sebagai pengumuman lomba yang juga di semarakkan dengan sebuah seminar nasional.

Semarak Festa 2021 ini menjadi iconik mahasiswa Pendudidikan Bahasa Arab, festival ini berisi dua macam perlombaan yaitu lomba vlog bahasa arab  dan lomba pidato bahasa arab. Festa ini terbagi menjadi dua kategori perlombaan, pertama untuk SMA dan kedua untuk mahasiswa dengan tema yang berbeda.

Untuk kategori mahasiswa pada vlog bahasa arab bertema “Membentuk Pemimpin Muda di Era Modern dengan Bahasa Arab”, sedangkan untuk lomba pidato bahasa arab mengambil tema “Kontribusi Millennial dalam Mengembangkan Bahasa Arab.” Adapun untuk kategori lomba ditingkat SMA pada vlog bahasa arab bertema “Berkarya dengan Bahasa Arab,” sedangakan pada lomba pidato bahasa arab mengambil tema “Menjadi Pemuda Beradab dengan Bahasa Al-Quran.”

Pada festival ini panitia membatasi jumlah peserta, dipatok hanya 25 kuota pada semua perlombaan. Hajryanti syahrul izzah sebagai ketua pelaksana festa berharap festival arabiy ini dapat memunculkan bakat-bakat terpendam yang dimiliki oleh mahasiswa, “Tidak hanya bagi mahasiswa Umsida, tapi bagi seluruh mahasiwa dalam lingkup nasional yang andil dalam meggemakan bahasa arab,” ungkapnya pada jurnalis.

Ketua bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) ini mengungkapkan siapa pun nantinya yang menjadi pemenang dalam festival ini, bukanlah menjadi tolak ukur  kesuksesan seseorang, “semua adalah pemenang, jadi jangan berkecil hati bagi yang belum mendapatkan juara,” tuturnya.

Ketua Program Studi (Kaprodi) PBA Khizannatul Hikmah SS M Pd, sangat mengapresiasi dengan diakannya festival ini, karena selain sebagai ajang berkreasi, sekaligus menggemakan bahasa arab  sebagai bahasa internasional. Festival ini juga dapat menumbuhkan semangat baru, khususnya dikalangan para mahasiswa di masa pandemi.

Ditulis: Rina Aditia Dwi Astuti

Related Posts

Webinar Nasional, Pentingnya Skill Komunikasi Bahasa Arab di Era Society 5.0

pba.umsida.ac.id—Salah satu strategi untuk hidup di Era Society 5.0 adalah...

Semarak Puncak Festival Arabiy, Munculkan Pemuda Bertalenta Madani

pba.umsida.ac.id—Inilah saat yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta virtual Festival Arabiy,...

Leave a Reply