Semangat Berlatih, Mahasiswa PBA Raih Juara 2 MTQ M Nasional di Jambi

pba.umsida.ac.id–Ketekunan dan kesabaran akan membuahkan hasil ketika dilakukan dengan ikhlas dan benar. Begitulah kiranya yang membuat 3 mahasiswa Pendidikan bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bisa meraih juara 2 dalam cabang lomba Fahmil Quran pada ajang Musabaqoh Tilawatul Quran Mahasiswa (MTQ M) di Jambi. Jumat (17/2).

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Farah khairunnisa Labud, Muhammad Iqbal Eka Putra, dan Hendra Umami. Ketiganya berasal dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab. MTQ M dilaksanakan dari tanggal 23 Agustus – 15 September 2022, mulai dari kedatangan sampai final.

Perjalanan lomba dari babak penyisihan sampai semi final dilakukan secara online. Adapun saat final dilaksanakan secara offline. Dimana mahasiswa harus datang ke tempat lomba, di Universitas Jambi.

Farah sebagai ketua kelompok dalam cabang Fahmil Quran mengungkapkan, alasannya mengikuti lomba adalah untuk menambah ilmu dan wawasan. Menurutnya selain untuk menang, tujuan lain dari para peserta lomba adalah menuntut ilmu. “Ilmu yang tidak bisa didapatkan kecuali dengan mengikuti lomba, pelajaran-pelajaran, hingga pengalaman yang tak terhingga,” ungkapnya.

Mahasiswa kelahiran 5 juni 2000 ini mengatakan, bahwa dirinya pernah mengikuti lomba serupa sebelumnya. Tepatnya pada lomba MTQ N di kota Medan. Namun, sayangnya waktu itu belum berhasil untuk mendapatkan juara.

Selama berada di Jambi Farah dan teman-temannya melakukan latihan. Mulai dari membaca, dan menghafal sampai hari final tiba. Ia mengungkapkan selama babak penyisihan hingga babak semi final berjalan dengan lancar.

Namun, pada saat final ia merasakan beberapa perbedaan. Salah satunya karena dilakukan secara langsung dan berhadapan. “Saya cukup tegang, hingga ada beberapa jawaban yang harusnya saya ingat, akan tetapi waktu itu lupa,” tuturnya. Meskipun demikian ia dan tim kelompoknya berhasil mendapatkan juara 2 dalam cabang Fahmil Quran tingkat Nasional.

Farah sangat berharap ia bisa mengaplikasikan apa yang didapatkan selama lomba dalam kehidupan saya sehari-hari. “Pada semua mahasiswa, khususnya Pendidikan Bahasa Arab, lakukanlah sesuatu ketika kamu tau apa tujuannya. Jangan hanya karena orang lain kalian mengikuti sesuatu, tanpa mengerti kenapa kamu harus mengikutinya. Baik itu lomba atau pun yang lainnya. Karena ketika kamu memiliki tujuan yang jelas, maka hasil akan didapatkan,” pesannya.

Ditulis: Rina Aditia Dwi Astuti

Related Posts

Mahasiswa PBA Asal Thailand “Bangga Umsida, Dari Sini Pencerahan Bersemi”

pba.umsida.ac.id–Kemudahan penggunaan informasi dan komunikasi, membuat Umsida (Universitas Muhaammadiyah Sidoarjo),...

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru