Semarak Puncak Festival Arabiy, Munculkan Pemuda Bertalenta Madani

pba.umsida.ac.id—Inilah saat yang ditunggu-tunggu oleh semua peserta virtual Festival Arabiy, hari penganugrahan pemenang gebyar festa 2021. Acara ini disemarakkan dengan webinar nasional yang diadakan oleh Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dengan tema, “Peluang kemampuan bahasa arab di era society 5.0,” pada Ahad (04/07).

Acara webinar yang diselenggarakan secara live youtube dan zoom ini diikuti oleh berbagai kalangan mahasiswa dan dosen dari berbagai Universitas. Webinar yang diadakan pada puncak festival arabiy ini mendatangkan dua orang pemateri yang super keren. Pertama, Dr Nasaruddin Idris Juhar MEd, (Wakil Dekan III Fakultas Adab Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya) dan Abdullah Syarif S Ag M Pd I M Pd, (Direktur Ma’had Daarul ‘Ilmi li Ta’lim al-Lughoh Al-‘Arobiyyah wa Dirasah Islamiyah).

Webinar yang diikuti oleh sekitar 500 peserta, baik dari kalangan mahasiswa, para dosen, dan siswa SMA ini mendapatkan respon positif dari Dekan Fakultas Agama Islam Dr Istikomah M Ag, “Saya sangat mendukung dengan diadakannya festifal arobiy ini, seperti halnya FAI Got Talent yang diadakan oleh FAI disetiap tahunnya, namun karena pandemi acara ini terpaksa ditunda. Akan tetapi, alhamdulillah Festa ini dapat sukses terlaksana di tengah pandemi,” ucapnya.

Istikomah mengungkapkan Prodi PBA ini telah berkembang begitu cepat dari sebelumnya, “Saat ini lulusan dari Prodi PBA Umsida telah tersebar ke seluruh belahan negeri. Ada beberapa mahasiswa dan dosen yang melanjutkan kuliahnya secara beasiswa ke Timur Tengah, Sudan, Yaman, dan Mesir,” tambahnya..

Prodi PBA Umsida juga telah melakukan pertukaran pelajar dengan University Sultan Zainal Abidin  Malaysia, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Luar Negeri yang dilakukan di Thailand. Prestasi yang telah diraih mahasiswa pun beragam mulai dari juara vlog tingkat nasional, juara cipta puisi tingkat nasional, cerpen inspiratif, hingga opini. Banyak juga dari mahasiswa PBA yang telah menorehkan tulisanya menjadi sebuah buku.

Pada akhir webinar ini diumumkan pemenang dari festival arabiy, diantara pemenangnya, untuk kategori SMA pada lomba vlog juara 1 diraih oleh Moh. Farid Majdi, juara 2 Muhammad Izzuddin, dan juara 3 Muhammad Jabir. Adapun untuk lomba pidato juara 1 yaitu Ahmad Fakhri, juara 2 Ahmad Shidqi Ajid, dan juara 3 Rizki Maulina.

Untuk kategori mahasiswa lomba vlog dimenangkan oleh Mu’afa Amrullah, juara 2 Fariz Sayyidan, dan juara 3 Muhammad Hidayatullah. Sedangkan untuk lomba pidato juara 1 diraih oleh Muhammad Addiful Hujumy, juara 2 Mahfud Shidiq, dan juara 3 Fadlur Rohman.

Dengan adanya Festival Arabiy ini panitia berharap semangat para pemuda dalam mempelajari dan mempratekkan bahasa arab semakin meningkat, sehingga lahirlah para pemuda yang cerdas dan mampu menemukan setiap peluang kemampuan bahas arab di era society 5.0 ini.

Ditulis: Rina Aditia Dwi Astuti

Related Posts

Webinar Nasional, Pentingnya Skill Komunikasi Bahasa Arab di Era Society 5.0

pba.umsida.ac.id—Salah satu strategi untuk hidup di Era Society 5.0 adalah...

Gebyar Festival Arabiy, Ajang Menggemakan Bahasa Arab Pelajar dan Mahasiswa

pba.umsida.ac.id—Semarak Festival Arabiy (Festa) 2021, acara ini merupakan acara tahunan...

Leave a Reply