Efektivitas Metode Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat di SMP eLKISI Mojokerto

Pba.umsida.ac.id-Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) senantiasa mencari inovasi terbaik untuk mendukung pembelajaran bahasa Arab yang efektif. Salah satu implementasi terbaru adalah metode “Two Stay Two Stray” (TSTS), yang telah terbukti efektif meningkatkan penguasaan mufradat siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP eLKISI Mojokerto dengan hasil yang signifikan dalam pembelajaran mufradat.


Section 1: Pentingnya Metode Pembelajaran Inovatif dalam Penguasaan Bahasa Arab
Penguasaan mufradat atau kosakata adalah fondasi penting dalam mempelajari bahasa Arab. Dalam proses pembelajaran, tantangan yang sering dihadapi adalah minimnya variasi metode yang membuat siswa kurang termotivasi. Metode Two Stay Two Stray hadir sebagai solusi untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Metode ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi secara kelompok, berbagi hasil diskusi, serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Penelitian yang dilakukan di SMP eLKISI Mojokerto menunjukkan bahwa metode TSTS mampu meningkatkan nilai rata-rata siswa dari 54,50 (pretest) menjadi 71,68 (posttest). Data ini menunjukkan bahwa metode TSTS efektif dalam membantu siswa memahami dan mengaplikasikan mufradat dalam berbagai konteks, termasuk membaca, menulis, dan berbicara.


Section 2: Implementasi Metode TSTS di SMP eLKISI
Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas 7 sebagai subjek penelitian. Prosesnya diawali dengan pretest untuk mengukur kemampuan awal siswa, diikuti dengan penerapan metode TSTS selama empat pekan, dan diakhiri dengan posttest. Dalam metode TSTS, siswa dibagi menjadi kelompok kecil. Dua siswa tetap di kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi, sementara dua siswa lainnya “berkelana” ke kelompok lain untuk memperoleh perspektif baru.

Menurut dosen PBA Umsida, penerapan metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mufradat, tetapi juga memperbaiki kemampuan siswa dalam berkolaborasi dan berkomunikasi. “Metode ini menciptakan suasana belajar yang dinamis, sehingga siswa lebih aktif dan tertarik dalam pembelajaran bahasa Arab,” ungkap peneliti.


Section 3: Relevansi Metode TSTS dengan Kurikulum PBA Umsida
Penerapan metode Two Stay Two Stray sejalan dengan visi PBA Umsida yang ingin mencetak lulusan berkompetensi tinggi dalam pengajaran bahasa Arab. Dengan mengintegrasikan metode ini ke dalam kurikulum, PBA Umsida memberikan bekal bagi mahasiswanya untuk mengadopsi pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran.

Mahasiswa PBA Umsida yang sedang menjalani Praktik Lapangan Pengajaran (PLP) di berbagai sekolah juga didorong untuk mempraktikkan metode TSTS. Pendekatan ini memberikan dampak positif pada hasil belajar siswa dan membangun karakter pendidik yang kreatif. Salah satu mahasiswa PBA Umsida yang berpartisipasi dalam penelitian ini menuturkan, “Metode TSTS memberikan wawasan baru tentang bagaimana menciptakan pembelajaran yang efektif, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan siswa masa kini.”

Komitmen PBA Umsida dalam mendukung pembelajaran bahasa Arab yang inovatif mencerminkan upayanya untuk mencetak pendidik yang mampu bersaing di era global. Dengan hasil penelitian yang positif, PBA Umsida optimis bahwa lulusan mereka akan menjadi agen perubahan dalam pendidikan bahasa Arab di Indonesia.


Kesimpulan:
Metode Two Stay Two Stray adalah pendekatan inovatif yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa. PBA Umsida, melalui program-program pembelajarannya, terus mendorong inovasi untuk mencetak pendidik berkualitas. Dengan implementasi metode ini, PBA Umsida berharap dapat menjadi pionir dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab yang adaptif dan relevan di era modern.

 

Bertita Terkini

Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab di PBA Umsida: Peer Tutorial dalam Kelas Qawaid
January 28, 2025By
Pengaruh Lingkungan Berbahasa terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab: Studi Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah
January 19, 2025By
LKMMTD 2025 HIMA PBA Umsida: Mencetak Pemimpin Berintegritas Tinggi untuk Masa Depan Progresif
January 15, 2025By
7 Mahasiswa PBA Umsida Resmi Dilepas Mengikuti Student Exchange di UniSZA Malaysia
January 11, 2025By
Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Aplikasi Rosetta Stone: Terobosan Efektif untuk Meningkatkan Kosakata Mahasiswa
January 6, 2025By
Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Meningkatkan Penguasaan Kosakata Melalui Metode Bernyanyi di PBA Umsida
January 2, 2025By
Prestasi Gemilang Yuhsin Amali: Atlet Tapak Suci PBA Umsida Raih Medali Perak di Kejuaraan Nasional Pasuruan Martial Art Championship 3
December 28, 2024By
Rapat Kerja HIMA PBA Umsida 2024/2025: Menguatkan Visi, Menentukan Aksi untuk Masa Depan Organisasi yang Lebih Baik
December 23, 2024By

Prestasi

Prestasi Gemilang Yuhsin Amali: Atlet Tapak Suci PBA Umsida Raih Medali Perak di Kejuaraan Nasional Pasuruan Martial Art Championship 3
December 28, 2024By
Kaprodi PBA Umsida Sukses Berkontribusi di Ajang RisetMu Batch VIII
December 13, 2024By
2 Mahasiswa PBA Umsida Raih Gelar Juara Nasional MFQ
December 9, 2024By
Mahasiswa PBA Umsida Raih Juara Nasional di DLA Fair 2024
November 28, 2024By
Aktif Berorganisasi Tak Halangi Mahasiswa PBA Ini Jadi Wisudawan Terbaik Kedua FAI Umsida
October 31, 2024By
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Umsida Raih Kesuksesan di Program MSIB Batch 7
October 18, 2024By
Tim Futsal PBA Umsida Raih Juara 3 di Ajang Lomba Porseni Internasional
September 12, 2024By
Mahasiswa PBA UMSIDA Berhasil Lolos Program Student Exchange di Malaysia
September 5, 2024By