Pba.umsida.ac.id– Penggunaan aplikasi Mondly Arabic terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak kosakata bahasa Arab siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.
Penelitian ini dilakukan oleh dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Habibah Sholichah dan Farikh Marzuki Ammar, dan dipublikasikan dalam Jurnal Dedikasi Pendidikan edisi Juli 2024.
Menjawab Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab
Dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di sekolah menengah, keterampilan menyimak sering kali menjadi aspek yang terabaikan. Hal ini berdampak pada lemahnya pemahaman siswa terhadap kosakata yang seharusnya menjadi fondasi dalam kemampuan berbahasa. Penelitian yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo ini berangkat dari fenomena tersebut, di mana pembelajaran bahasa Arab masih banyak mengandalkan metode konvensional yang membuat siswa kurang aktif dan kurang tertarik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas XI.1. Mereka diberikan tes awal (pretest) sebelum menggunakan aplikasi Mondly Arabic, lalu tes akhir (posttest) setelah intervensi. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 63,97, sedangkan posttest meningkat signifikan menjadi 86,47.
Uji Statistik Tegaskan Efektivitas Mondly

Untuk menguji keefektifan Mondly Arabic, para peneliti menggunakan uji normalitas dan uji paired samples t-test melalui software SPSS. Hasil uji menunjukkan signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari batas alpha 0,05. Ini menandakan adanya peningkatan yang signifikan setelah perlakuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ini berkontribusi nyata dalam meningkatkan keterampilan menyimak kosakata siswa.
Selain itu, hasil uji korelasi antara nilai pretest dan posttest menunjukkan koefisien sebesar 0,646 yang menunjukkan hubungan yang kuat. Data ini memperkuat bahwa penggunaan media berbasis teknologi seperti Mondly tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan hasil akademik yang jelas terukur.
Dukungan Teknologi untuk Pembelajaran Bahasa

Aplikasi Mondly Arabic adalah media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna mempelajari bahasa asing melalui metode yang menyenangkan. Dalam prosesnya, siswa menyimak audio kosakata dan frasa bahasa Arab lalu mengerjakan latihan berbasis pemahaman audio secara langsung di smartphone masing-masing. Interaksi yang terjadi secara mandiri ini mendorong partisipasi aktif siswa dan mengubah dinamika pembelajaran dari pasif menjadi eksploratif.
Dengan meningkatnya nilai dan partisipasi siswa, penelitian ini memberikan rekomendasi kuat kepada guru bahasa Arab untuk lebih terbuka menggunakan teknologi pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. Terlebih lagi, aplikasi Mondly Arabic telah digunakan secara global oleh jutaan pengguna dan memiliki sistem umpan balik yang ramah pengguna.
Baca Juga: Baitul Arqom Dosen Umsida Tak Hanya Pelajari Muhammadiyah, Ini Makna di Dalamnya
Penelitian ini menjadi kontribusi berharga dari Prodi PBA Umsida terhadap upaya pembaruan metode pembelajaran bahasa Arab di tingkat sekolah menengah. Dengan hasil signifikan yang diperoleh, diharapkan semakin banyak pendidik yang berani keluar dari pola lama menuju pendekatan yang lebih inovatif dan berbasis teknologi.
Sumber: Sholichah, H. & Ammar, F. M. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Aplikasi Mondly Arabic Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Kosakata Bahasa Arab Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2), 791–800.