Optimalkan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pendekatan HOTS

Pba.umsida.ac.id – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Sebuah penelitian terbaru oleh Hajryanti Syahrul Izzah dan Imam Fauji yang dipublikasikan dalam Indonesian Journal of Islamic Studies edisi Mei 2024, memberikan wawasan penting mengenai implementasi HOTS pada buku ajar populer Kitab Arabiyyah Baina Yadaik Jilid 4A.

Baca Juga: Prodi PBA Umsida Gelar Selesi Calon Mahasiswa Program PUPM, Cetak Kader Ustadz Unggul Berbasis Qur’ani

Penelitian ini mengungkapkan pentingnya integrasi keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam materi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memahami Bahasa Arab secara lebih mendalam.

Pentingnya Implementasi HOTS dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Penelitian ini menitikberatkan pada analisis isi instruksi yang terdapat dalam Kitab Arabiyyah Baina Yadaik Jilid 4A. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten, penelitian ini mengidentifikasi bahwa buku tersebut mengandung instruksi yang mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi, terutama dalam aspek analisis (C4), evaluasi (C5), dan kreasi (C6). Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa tidak hanya berhenti pada penguasaan kosakata atau tata bahasa dasar, namun juga berkembang hingga kemampuan menganalisis teks, mengevaluasi konten, serta menghasilkan ide baru yang kreatif dalam bahasa Arab.

Implementasi HOTS dalam pembelajaran bahasa Arab ini tidak hanya membantu mahasiswa untuk lebih memahami struktur bahasa, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang esensial untuk menghadapi tantangan global.

Strategi Implementasi HOTS yang Efektif

Menurut penelitian tersebut, beberapa strategi efektif dalam implementasi HOTS meliputi pengembangan soal-soal berbasis analisis mendalam, kegiatan mendengarkan (fahmul masmu’) yang menuntut analisis teks audio secara kritis, serta latihan merangkum dan mengevaluasi informasi dengan pendekatan yang lebih luas. Strategi ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan menantang, sehingga mahasiswa tidak hanya belajar secara pasif tetapi aktif dalam proses pembelajaran.

Kitab Arabiyyah Baina Yadaik Jilid 4A secara khusus dipilih karena tingkatannya yang tinggi, yang sesuai dengan tujuan penguasaan Bahasa Arab di tingkat lanjut atau mahir (takmili). Penelitian ini menunjukkan bahwa materi pembelajaran pada level ini sangat mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang sangat dibutuhkan dalam konteks pendidikan modern.

Dampak Positif terhadap Pengembangan Kurikulum

Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum di prodi PBA Umsida. Dengan adanya kajian yang mendalam tentang HOTS dalam buku ajar ini, diharapkan para pendidik dapat lebih memahami pentingnya penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan berbasis keterampilan tinggi. Hal ini akan berdampak positif terhadap kualitas lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja maupun di dunia akademik internasional.

Hasil penelitian ini sekaligus menguatkan peran Umsida sebagai institusi pendidikan yang senantiasa berorientasi pada kualitas pembelajaran berbasis keterampilan tinggi. Melalui pendekatan HOTS, pembelajaran Bahasa Arab tidak hanya menjadi proses transfer ilmu pengetahuan tetapi juga pembentukan karakter mahasiswa yang berpikir kritis dan inovatif.

Baca Juga: Halal Bihalal PBA Umsida: Rajut Ukhuwah, Pererat Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen

Dengan demikian, integrasi HOTS dalam kurikulum pendidikan Bahasa Arab menjadi langkah strategis bagi prodi PBA Umsida dalam mencetak lulusan yang unggul, kreatif, dan kompetitif di era global.

Sumber: Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol 12 No 2 (2024): May

Bertita Terkini

masrohiyah
“Penampilan Masrohiyah ‘Keong Mas’ oleh HIMA PBA Semarakkan Fortama FAI Umsida 2025”
October 1, 2025By
PBA
Harmonisasi HIMA PBA 2025 Umsida Satukan Pengurus Lama dan Baru di Villa Silver Trawas
September 25, 2025By
Sistem Pembelajaran Symposium Tingkatkan Partisipasi Aktif Santri dalam Pembelajaran Bahasa Arab
August 27, 2025By
Efektivitas Metode Ta’wīd dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren
August 22, 2025By
PBA
Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Boarding School Jadi Sorotan 
August 15, 2025By
Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Lewat Aplikasi Mondly Diperkenalkan Mahasiswa PBA Umsida
August 9, 2025By
Mondly Arabic Tingkatkan Keterampilan Menyimak Kosakata Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
August 3, 2025By
Iqbal Wi’an, Wisudawan Terbaik 45 PBA Umsida, Buktikan Keterbatasan Tak Menghalangi Prestasi Yang Gemilang
July 27, 2025By

Prestasi

PBA
3 Mahasiswa PBA Umsida Raih Kesempatan Student Exchange ke Unisza Malaysia
October 6, 2025By
3 Mahasiswa PBA Umsida Lolos Pra Nasional MTQMN XVIII 2025
September 14, 2025By
Iqbal Wi’an, Wisudawan Terbaik 45 PBA Umsida, Buktikan Keterbatasan Tak Menghalangi Prestasi Yang Gemilang
July 27, 2025By
Muhammad Iqbal Wi’an Eka Putra Raih Yudisium Terbaik Prodi PBA Umsida dengan Segudang Prestasi
July 21, 2025By
Mahasiswa PBA Umsida Juara 1 Musabaqah Hifdzil Qur’an se-Asia Tenggara, Raih Hadiah Umroh
March 23, 2025By
Mahasiswa PBA Umsida Raih Medali Emas di Kejuaraan Pencak Silat Internasional Paku Bumi Open 13
February 9, 2025By
Prestasi Gemilang Yuhsin Amali: Atlet Tapak Suci PBA Umsida Raih Medali Perak di Kejuaraan Nasional Pasuruan Martial Art Championship 3
December 28, 2024By
Kaprodi PBA Umsida Sukses Berkontribusi di Ajang RisetMu Batch VIII
December 13, 2024By