Pba.umsida.ac.id- Penerapan metode peer tutorial atau tutorial sebaya telah menjadi salah satu pendekatan yang digunakan di kelas Qawaid BSO El-Abbasy di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Tutorial sebaya adalah model pembelajaran di mana mahasiswa berperan sebagai tutor bagi teman sekelasnya, berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait materi pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran qawaid atau tata bahasa Arab, mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai aturan gramatikal Arab dan menerapkannya dengan baik.
Baca Juga:Serah Terima Jabatan dan LPJ Terbuka HIMA PBA Umsida: Komitmen untuk Perubahan dan Kemajuan
Mengapa metode ini diterapkan di BSO El-Abbasy?
Penggunaan metode ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman qawaid di kalangan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Umsida. Sebuah tes simulasi qawaid yang dilakukan pada 5 Desember 2022 mengungkapkan bahwa hanya 18,52% mahasiswa yang mampu memahami qawaid dengan baik. Sisanya, lebih dari 80%, masih memerlukan dukungan pembelajaran yang lebih intensif
Proses Penerapan Tutorial Sebaya di Kelas Qawaid
Penerapan tutorial sebaya di kelas qawaid dilakukan melalui beberapa tahapan yang sistematis. Tutor, yang juga mahasiswa, mempersiapkan materi sebelum kelas dimulai dengan menyusun rencana pembelajaran dan silabus yang mengarahkan jalannya kegiatan belajar mengajar. Proses pembelajaran diawali dengan tutor mengondisikan mahasiswa agar aktif berpartisipasi, dan materi yang digunakan adalah buku “Nahwul Wadhih” serta “Silsilah Lughah Arabiyah li Mustawa Robi’”.
Metode ini memungkinkan mahasiswa untuk berperan aktif dengan cara menjelaskan topik tertentu di depan teman-teman sekelasnya, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Hal ini membantu meningkatkan pemahaman setiap individu terkait materi yang diajarkan. Namun, tantangan utama dalam penerapan metode ini adalah kurangnya rasa percaya diri dari mahasiswa yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyampaikan materi.
Metode Tutorial Sebaya Efektif dan Manfaatnya
Mengapa metode ini dianggap efektif? Salah satu alasan utama adalah karena tutorial sebaya memberikan ruang bagi mahasiswa untuk saling belajar dan menambah kepercayaan diri dalam menyampaikan materi di depan kelas. Selain itu, metode ini juga membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan memahami aturan tata bahasa secara lebih mendalam. Evaluasi pembelajaran dilakukan di setiap pertemuan dengan mengajukan pertanyaan terkait materi yang telah dibahas di kelas, sehingga mahasiswa dapat terus meningkatkan keterampilannya.
Baca Juga:Asiyah, Mahasiswa FAI Umsida Lolos Seleksi MSIB Batch 7 Kampus Merdeka
Penerapan metode tutorial sebaya tidak hanya bermanfaat bagi tutor, tetapi juga bagi seluruh mahasiswa yang terlibat. Dengan metode ini, mereka dapat saling berbagi pengetahuan, mengatasi kesulitan dalam memahami materi, dan bersama-sama meningkatkan keterampilan qawaid mereka.
Sumber:Salma Safyra, Imam Fauji, Kemil Wachidah, Juraev Khusniddin Oltinboyevich-2nd International Conference on Advance Research in Social and Economic Science (ICARSE 2023)
Penulis:AHW