Pba.umsida.ac.id-Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, kebutuhan akan buku teks yang sesuai dengan kurikulum terbaru menjadi sangat penting. Salah satu yang mendapatkan perhatian adalah buku teks Bahasa Arab Praktis untuk SMP/MTs kelas VII, karya Guru Bahasa Arab Foskam Sidoarjo. Buku ini dikembangkan dengan tujuan untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang sedang diterapkan di sekolah-sekolah Muhammadiyah di Sidoarjo.
Buku Teks Bahasa Arab yang Mendukung Kurikulum Merdeka
Kurikulum Merdeka menuntut peserta didik untuk lebih mandiri dalam belajar. Buku teks ini dirancang untuk menjawab kebutuhan tersebut, dengan menyajikan materi yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, buku ini dianggap layak digunakan sebagai bahan ajar bahasa Arab. Meskipun demikian, masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, seperti ketidakhadiran kompetensi inti dan dasar dalam penyusunan materi.
Analisis Kualitas Buku Berdasarkan Standar BSKAP
Buku Bahasa Arab Praktis ini telah dianalisis menggunakan standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). Ada empat aspek utama yang dievaluasi dalam penilaian buku teks ini: kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan.
Dari aspek isi, buku ini cukup baik dalam menyajikan materi sesuai kebutuhan siswa yang mayoritas belum memiliki dasar bahasa Arab. Buku ini juga menyertakan beberapa kosakata modern yang relevan, seperti alat-alat elektronik. Namun, buku ini masih kurang dari segi penyertaan kompetensi dasar dan referensi yang jelas, sehingga butuh peningkatan pada aspek ini.
Untuk aspek penyajian, buku ini dinilai telah memenuhi standar dengan penyusunan yang sistematis. Materi disajikan secara berurutan, mulai dari yang paling dasar hingga yang lebih kompleks, dengan latihan soal yang bervariasi. Hal ini memudahkan siswa untuk belajar secara bertahap.
Dari segi bahasa, buku ini menggunakan bahasa yang efektif dan sesuai dengan tingkat pemahaman siswa kelas VII. Namun, masih terdapat beberapa istilah yang dianggap asing bagi siswa, sehingga dibutuhkan pendampingan tambahan.
Potensi Pengembangan dan Rekomendasi
Meskipun buku Bahasa Arab Praktis ini layak digunakan, ada beberapa aspek yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Tim penulis diharapkan untuk lebih memperhatikan penyertaan kompetensi inti dan dasar, serta memperbaiki beberapa kesalahan dalam penulisan. Selain itu, buku ini juga perlu dilengkapi dengan referensi yang lebih kredibel agar kualitas isinya semakin baik.
Rekomendasi lainnya adalah memperbanyak latihan soal interaktif dan materi tambahan yang dapat diakses secara digital. Dengan begitu, pembelajaran bahasa Arab akan lebih menarik bagi siswa yang kini hidup di era digital. Pengajar juga diharapkan untuk lebih teliti dalam memilih buku teks yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.
Secara keseluruhan, buku ini merupakan salah satu alternatif yang baik dalam mendukung pembelajaran bahasa Arab di tingkat SMP/MTs, terutama di sekolah-sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Dengan beberapa perbaikan, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan utama dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa di Indonesia.
Penulis: A. Hasbul Wafi